Cabe Mulai Ada yang Matang

20170606_124829-1_resized

Mulai ada yang berubah warna ke arah matang. Hore!

Hari ini tumbang. Usai Sahur dan Subuh, tidur lagi. Saat bangun, di luar ada suami bibi sedang membantu potong rumput. Sempat kaget karena ada orang lain, tapi kemudian teringat kemarin sempat bilang ke bibi untuk minta dipotongkan rumput. Karena ada orang lain itulah, saya memilih melakukan aktivitas di dalam rumah.

Baru sekitar Dzuhur saya keluar rumah. Ya Allah… lupa membuka tutup beberapa kotak berisi tanaman muda. Semalam hujan deras, makanya beberapa wadah saya tutup. Tiga kotak oranye saya buka penutupya dan saya pindahkan ke tempat yang masih kena panas matahari. Saat membuka tutup wadah kotak semai yang dijadikan pot, tampak beberapa tanaman yang masi tersisa di situ, layu. Kebayang “ngelekeb” dari tadi. Tertutup, tapi matahari panas. Sedih. Proses menanamnya dari biji sampai jadi setinggi 10-20 cm kan tidak sebentar.

Di luar pagar, saya lihat lalat-lalat buah beterbangan di sekitar pohon cabe andalan. Waduh, sudah saatnya membuat lagi perangkap lalat buah. Saya pun mengecek pohon cabe yang di pot, khawatir sama-sama dikerubungi lalat buah. Apa yang saya lihat?

Ada 3 buah cabe yang warnanya berubah. Saya sudah parno, akibat kegagalan panen berturut-turut dua periode. Apakah kali ini pun cabe akan membusuk lagi? Padahal buah-buah cabe kali ini banyak dan besar-besar.

Saat saya perhatikan pohon cabe yang di pagar, ada dua buah cabe yang membusuk. Sedih juga sih. Cuma bisa berharap, tidak berlanjut ke tanaman dan buah cabe lainnya. Dua buah cabe itu saya petik dan langsung dibuang ke plastik sampah untuk dibawa ke TPS. Tidak saya buang ke lubang sampah organik. Tujuannya, jika ternyata cabe busuk ini karena memuat telur lalat buah yang sudah matang, maka telur-telur lalat ini tidak diberi kesempatan menetas di sekitar rumah saya.

Sisa cabe masih saya biarkan di pohon. Semoga tidak ikut-ikutan busuk sebelum waktunya.

Saya pun lalu memperhatikan detil 3 buah cabe dari tanaman di pot dengan degdegan. Perlahan, saya mulai bisa fokus, apa yang sedang terjadi. Ternyata, 3 buah cabe ini sedang berubah warna menuju… Merah! Alhamdulillaaah… Semoga terjaga sampai matang, dan diikuti saudara-saudaranya. Matang.

20170606_124847-1_resized

Semoga matang sempurna. Segera.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s